Flu Perut adalah Kondisi Serius?

Flu Perut adalah Kondisi Serius? Simak Fakta dan Penjelasannya Berikut

Description: Image result for muntaber

Flu perut adalah masalah pencernaan di bagian perut yang menimbulkan berbagai gejala. Kondisi ini lebih dikenal dengan sebutan muntaber karena gejalanya sampai menimbulkan mual, muntah, dan diare. Penderitanya memang jadi kehilangan banyak cairan. Lalu, apakah muntaber ini termasuk kondisi serius? Simak berbagai fakta di bawah ini beserta dengan penjelasannya.

  1. Disebabkan oleh Infeksi Virus atau Bakteri

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit gastroenteritis atau muntaber ini memang berbeda tergantung pada penyebabnya. Dalam kasus muntaber, terdapat dua penyebab yaitu infeksi karena virus atau karena bakteri. Selain menimbulkan gejala umum berupa mual, muntah, diare, dan kram perut, keduanya menimbulkan gejala tambahan yang berbeda.

Tanda-tanda muntaber karena infeksi virus adalah penderita mengalami demam, nyeri di kepala, dan nyeri di otot. Berbeda dengan infeksi bakteri yang menyebabkan penderita mengalami diare yang disertai darah.

  • Mudah Menular Lewat Kontak Langsung

Selain karena mengalami sendiri, penularan muntaber juga sangat mudah. Flu perut adalah salah satu penyakit yang dapat menular lewat kontak langsung. Dikutip dari idntimes.com, virus atau bakteri penyebab muntaber bisa menyebar lewat kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Kontak langsung yang dimaksud adalah melalui berjabat tangan, makanan atau minuman yang disiapkan oleh penderita, atau lewat udara.

  • Gejalanya Muncul Secara Perlahan

Hal yang lebih mencemaskan dari flu perut adalah gejalanya yang timbul secara perlahan. Tidak sekaligus, justru gejala muntaber ini muncul secara bertahap. Jadi, pada awalnya gejalanya kurang bisa terdeteksi karena hampir mirip dengan gangguan kesehatan lainnya, seperti diare, keracunan, mag, dan sebagainya.

Pada tahap awal, gejala yang dialami penderita juga bermacam-macam. Ada penderita yang awalnya hanya mual dan muntah, ada yang diare saja, dan ada pula yang hanya mengalami kram perut. Dengan kondisi demikian, lebih sulit untuk memastikan bahwa hal tersebut muntaber atau gangguan lainnya.

  • Perlu Penanganan Pertama

Gangguan pada pencernaan sudah pasti mengganggu. Untuk itu, perlu diketahui penanganan pertama ketika menghadapinya. Penanganan pertama pada muntaber sangat berguna untuk meredakan sakit di perut. Berbagai tindakannya adalah dengan mengonsumsi minuman atau makanan hangat, mengompres perut dengan air hangat, dan segera beristirahat agar kondisi tubuh yang lemas segera teratasi.

  • Membutuhkan Lebih Banyak Asupan Cairan

Flu perut adalah gangguan pencernaan yang mengakibatkan penderitanya kehilangan banyak cairan karena mengalami muntah dan diare. Untuk menyikapinya, mengonsumsi cairan sangat diperlukan demi mengganti cairan tubuh yang hilang agar tidak dehidrasi. Mengonsumsi minuman hangat dan buah segar bisa menjadi solusinya.

  • Bisa Sembuh Sendiri Jika Tidak Parah

Kondisi penderita muntaber ini memang berbeda-beda sesuai dengan infeksi yang menyerangnya. Apabila infeksinya tidak parah, maka bisa sembuh sendiri tanpa harus mengonsumsi obat yang diresepkan dokter. Penyembuhannya juga bisa berlangsung cukup cepat. Untuk itu, perawatan di rumah dengan penanganan pertama bisa membantu mendeteksi perlu atau tidaknya perawatan intensif ke dokter.

  • Jika Gejalanya Parah, Segera Periksa ke Dokter
Description: Image result for periksa muntaber ke dokter

Flu perut adalah gangguan pencernaan yang bisa bersifat parah. Jika sudah parah dengan gejala yang tak tertahankan lagi, penderita bisa langsung pergi ke dokter atau memanggil dokter ke rumah untuk melakukan pemeriksaan medis. Jika harus rawat inap dengan kondisi penderita yang lemah, maka penuhilah anjuran tersebut agar cepat pulih.

Penanganan awal dengan menyadari gejala yang ditimbulkan, ternyata sangat menolong mengatasi penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri ini. Mengingat gejalanya yang kompleks, dari mual sampai diare, tentu sistem imun tubuh sangat menurun. Penderita bisa kehilangan banyak cairan dan hal ini harus segera ditangani dengan berbagai upaya di atas. Dalam kondisi flu perut yang parah dan berlanjut, sebaiknya penderita segera dibawa ke dokter dan akan diberi resep obat. Di sana, dipastikan juga perlu rawat inap ataukah tidak.

Sumber Artikel:

www.idntimes.com

hellosehat.com

www.alodokter.com

Sumber Gambar:

www.deherba.com

hellosehat.com

sains.kompas.com

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar