5 Tips Menjaga Kebersihan dan Keindahan Kelas

5 Tips Menjaga Kebersihan dan Keindahan Kelas – Bagi kamu yang menyukai keindahan dan kebersihan tentu melihat suasana kelas yang semrawut rasanya ingin marahin teman-teman. Sebenarnya kelas adalah milik bersama, jadi untuk menjaga dan merawatnya agar suasana kelas tetap nyaman dan indah harus saling bekerja sama. Salah satu untuk membuat nyaman suasana adalah mengahadirkan beragam dekorasi kelas yang menarik.

Untuk itu, kali ini ada beberapa tips yang bisa kamu praktikkan dengan teman-teman agar suasana kelas tetap indah. Bahkan dengan tips ini kelas kalian akan selalu bersih dan indah. Kamu bisa menambahkan lagi beberapa cara agar semakin sempurna.

Tips Agar Kelas Tetap Bersih dan Indah

Jika dengan beragam ide kreatif serta tips mampu menghasilkan suasana kelas yang indah maka tidak ada salahnya untuk mencoba. Sangat sayang sekali jika kelas yang dihuni banyak orang tidak bisa membuatnya senyaman mungkin.

1. Buat Jadwal Piket yang Jelas

Tips ini tentu sudah umum sekali diterapkan. Permasalahannya adalah tidak semua siswa-siswi respect dengan tugasnya. Dalam beberapa kasus banyak diantara mereka tidak menjalankan dengan baik jadwal yang sudah dibuat. Sehingga bukan saja kelas menjadi tidak terurus, tapi jadwal yang sudah dibuat pun akan kacau.

2. Memberlakukan Hukuman Bagi yang Sengaja Tidak Piket

Hukuman ini harus dibuat oleh struktur organisasi kelas, bukan dari teman sesama piket. Karena tidak sedikit teman tidak enak untuk menegurnya saat tidak piket. Dan parahnya ketika tidak ada teguran mereka akan terbiasa meremehkan hal tersebut. Padahal seperti yang diulas di atas dampaknya adalah pada rusaknya jadwal yang sudah dibuat.

3. Membersihkan Kelas Secara Bersama Pada Waktu yang Ditentukan

Meskipun sudah ada jadwal piket, biasanya hanya membersihkan yang simpel dan tidak menyentuh bagian-bagian yang banyak kotorannya, misalnya langit-langit,atas lemari dll. sepatutnya ada kesepakatan untuk seminggu satu kalai atau sebulan sekali ada jadwal untuk bersih-bersih secara bersamaan. Ini akan menjadikan suasana kelas tetap terjaga kebersihannya.

4. Menghias dengan Berbagai Karya Seni

Dalam pembelajaran biasanya terdapat jam khusus atau mata pelajaran yang berkaitan dengan seni dan budaya. Momen ini seharusnya bisa menghasilkan berbagai karya yang indah dan menarik untuk menghias kelas. Kamu bisa memanfaatkan pembelajaran ini untuk bersama-sama membuat karya yang nantinya dipasang di ruang kelas.

5. Mengganti Hiasan yang Sudah Usang

Kamu harus aktif daalam mengajak teman-teman agar peka terhadap suasana kelas yang mulai tidak enak dipandang, misalnya hiasan sudah bertahun-tahun tidak diganti. Padahal banyak waktu yang bisa digunakan untuk menghasilkans ebuah karya. Kamu tidak sendiri terdapat puluhan tangan yang bisa dikoordinasikan.

Demikian tips simpel yang bisa kamu praktikkan agar kelasmu tetap bersih dan indah. Selamat mencoba!

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar