Jenis Kabel Listrik Perlu Anda Tahu

Jenis Kabel Listrik Perlu Anda Tahu – Kabel listrik, atau kabel daya, digunakan untuk mengirimkan daya listrik. Kabel listrik menyediakan koneksi dan memungkinkan pembangkit listrik, jaringan komputer kabel, televisi, telepon, dan perangkat bertenaga listrik lainnya berfungsi. Ada banyak jenis kabel listrik yang berbeda dalam konfigurasi, ukuran dan kinerja.

Komponen Kabel Listrik

Semua kabel listrik terdiri dari setidaknya dua kabel penghantar dan jaket pelindung luar. Untuk kabel daya sedang hingga tinggi yang membawa voltase tinggi, kabel penghantar di dalam jaket pelindung luar dapat secara individual tertutup dalam selubung isolasi. Konduktor listrik biasanya terbuat dari tembaga. Polimer sintetis membuat jaket luar dan bahan isolasi yang melindungi.

Kawat koaksial

Kabel listrik koaksial memiliki inti berlapis tembaga, dikelilingi oleh isolator dielektrik. Perisai anyaman tembaga mengelilingi lapisan isolasi, yang akhirnya dililit oleh selubung plastik terluar. Kabel coaxial berbeda dalam ukuran, kinerja, fleksibilitas, kemampuan penanganan daya dan biaya. Mereka digunakan untuk menghubungkan peralatan audio dan video rumah, jaringan televisi dan komponen jaringan area lokal. .

Kabel pita

Kabel listrik pita juga disebut kabel listrik multi-kawat planar atau kabel kembar datar terdiri dari beberapa kabel terisolasi yang berjalan paralel satu sama lain. Kabel paralel ini memungkinkan transmisi simultan beberapa sinyal data. Ini biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan. Kabel pita juga menghubungkan motherboard dengan komponen core CPU (central processing unit) lainnya di komputer.

Kabel Twisted Pair

Kabel listrik pasangan terpilin terdiri dari pasangan kabel tembaga berinsulasi (yang diberi kode warna), yang dipuntir satu sama lain. Diameter masing-masing kawat berkisar 0,4 hingga 0,8 mm, dan jumlah pasangan bervariasi dalam berbagai jenis kabel pasangan bengkok. Semakin besar jumlah pasangan, semakin tinggi hambatan kabel terhadap kebisingan eksternal dan cross-talk. Kabel twisted pair mudah dipasang, fleksibel dan murah. Mereka digunakan untuk pemasangan kabel telepon dan untuk menghubungkan jaringan area lokal.

Kabel Terlindung

Kabel listrik berpelindung terbuat dari satu atau lebih kabel berinsulasi yang secara kolektif tertutup oleh aluminium Mylar foil atau anyaman kepang anyaman. Pelindung mencegah kabel dari radio eksternal dan gangguan frekuensi daya, memungkinkan pengiriman sinyal berjalan dengan lancar. Kabel daya tegangan tinggi biasanya terlindung.

Apa itu Penjepit Ferit?

Penjepit ferit, atau ferit choke, adalah perangkat yang digunakan untuk mengurangi jumlah kebisingan RF (frekuensi radio), atau gangguan, dalam kabel yang menghantarkan listrik. Klem ferit biasanya digunakan untuk meningkatkan kinerja sistem suara, termasuk mikrofon.

Dasar-dasar

Ferit adalah nama yang diberikan untuk keramik yang dibentuk dari berbagai oksida logam. Oksida besi, mangan, mangan, dan seng, serta nikel dan seng adalah bentuk ferit yang paling umum.

Fungsi

Klem ferit biasanya terdiri dari dua bagian ferit yang secara harfiah dijepit di sekitar kabel penghantar. Ferit adalah bahan yang sangat permeabel dan memberikan resistensi yang lebih kecil terhadap aliran fluks magnetik di dalam konduktor daripada udara saja, sehingga klem ferit secara efektif menyerap sebagian kebisingan di kawat.

Keterbatasan

Ferit mungkin sangat permeabel, tetapi juga sangat rapuh. Klem ferit harus dilindungi dari kerusakan fisik. Maka dari itu anda harus tahu cara menggunakan dan memilih Kabel PLN seperti apa yang ada butuhkan.

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar