Pakaian Adat yang Ada di Jawa Timur

Pakaian Adat yang Ada di Jawa Timur – Jawa Timur merupakan provinsi yang tidak bisa lepas dari sejarah bangsa Indonesia. Sebagai daerah kelahiran pahlawan, Jawa Timur sangat terlihat dengan budaya yang dimilikinya. Salah satu budaya yang paling menonjol dari masyarakat Jawa Timur adalah Pakaian Adat Jawa Timur.

Adat

Adat

Jenis Pakaian Adat di Jawa Timur

Menurut informasi pakaian Adat Jawa Timur ini memiliki beberapa jenis yang bisa Anda ketahui. Berikut akan dijelaskan beberapa jenis pakaian adat Jawa Timur secara lengkap:

Odheng Eats

Odheng food merupakan salah satu item pakaian berupa kopiah (topi) yang didesain dengan motif batik Jawa Timur. Peralatan ini digunakan untuk pria di kepala. Desain santepan odheng biasanya dibuat dengan motif batik yang terkenal salah satunya motif telaga biru atau yang sering disebut orang lain storjoan.

Pese’an Madura

Inilah jenis pakaian yang sering diingat oleh masyarakat umum dan sangat familiar. Bentuk baju ini terdiri dari dua yaitu baju luar hitam dan baju bergaris merah dan hitam berupa baju merah dan hitam. Dan celananya longgar dan panjangnya mencapai pergelangan kaki.

Pese’an Madura sangat terkenal baik di tingkat nasional maupun internasional. Dulu pakaian ini hanya digunakan oleh orang Madura. Namun seiring dengan perkembangan zaman, pakaian ini banyak dipakai oleh masyarakat di seluruh Jawa Timur, sehingga kemudian dipatenkan menjadi pakaian adat Jawa Timur.

Dulu bahan penyusunnya adalah kain Tionghoa, namun sekarang sudah dimodifikasi menggunakan tetoran rancangan orang Madura. Jangan lupa kunjungi juga tautan Adat ini.

Seperti apa Pakaian Adat yang Ada di Jawa Timur?

Bahan Sarung

Saring bahan tersebut menjadi salah satu pakaian adat Jawa Timur yang sering digunakan. Mengacu pada namanya, bahan filter terdiri dari bahan kain. Biasanya kain yang digunakan adalah kain sutera, dan disaring pada bagian perekatnya menggunakan kapas. Bahan kain yang dipilih tentunya berkualitas tinggi dan sangat nyaman dipakai.

Warna bahan filter dapat dipilih dengan berbagai cara. Beberapa warna yang dipilih adalah warna yang mencolok, seperti kuning keemasan. Filter juga sering dipilih dengan warna putih sebagai alas dan kotak hijau atau biru sebagai tambahan. Ukuran material filter tentunya disesuaikan dengan masing-masing individu.

Odheng Tapoghan

Bentuk dari tapoghan odhengnya hampir sama dengan masakan odhengnya. Bedanya, odheng tapoghan lebih sering dikenakan pada pria daripada wanita. Ada satu bagian dari tapoghan odheng ini yang memiliki icon bunga yang memiliki dekorasi yang cantik. Ada juga soga sebagai pengganti icon bunga.

Soga ditampilkan seperti nyala api merah yang membara. Bahan yang digunakan adalah kain batik dengan desain yang bisa dimodifikasi sesuai selera dan nilainya. Bentuknya segitiga dan diikat ke kepala. Sehingga rambut Anda tidak akan tertutup oleh kain tersebut.

Baca Juga : Cara Menulis Buku Referensi yang Baik

Sandal Atau Alas Kaki

Sandal atau alas kaki juga merupakan aksesoris penting yang digunakan sebagai identitas pakaian adat. Biasanya, aksesoris sandal custom dikenakan pada wanita. Namun jika dibutuhkan, aksesoris tersebut juga bisa dikenakan pada pria. Aksesoris ini mempercantik tampilan sudut/bawah kedua mempelai.

Aksesoris Adat sandal tradisional juga dikenal akrab dengan tompah karena ujungnya terbuka dan longgar saat dikenakan. Selain itu sandal juga dilengkapi dengan penjepit yang berfungsi untuk menjepit kaki terutama pada bagian jari kaki sehingga terasa lebih nyaman saat digunakan. Sandal tradisional terbuat dari kulit sapi berkualitas tinggi.

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar