Pelajari Sejarah di Museum Sasmitaloka Jenderal Besar DR. A.H. Nasution

Museum merupakan salah satu tempat wisata Jogja yang bisa digunakan untuk dijadikan sebagai tempat untuk mempelajari tentang sejarah. Menggunakan museum sebagai tempat untuk melakukan kegiatan pembelajaran merupakan cara yang baik dalam belajar sejarah, karena dengan menggunakan museum untuk dijadikan sebagai tempat untuk mempelajari sejarah maka siswa akan bisa melihat secara langsung peninggalan-peninggalan sejarah yang bisa dilihat secara langsung. Salah satu museum yang ada di Indonesia adalah Museum Sasmitaloka, museum ini merupakan museum yang berisi tentang berbagai benda–benda peninggalan sejarah terutama sejarah bangsa Indonesia mengenai peristiwa yang telah terjadi pada saat terjadi peristiwa G30S/PKI.

wisata Jogja

wisata Jogja

Museum Sasmitaloka buka pada pukul 08.00 hingga pukul 14.00 dibuka untuk umum mulai hari Selasa hingga hari Minggu, akan tetapi pada hari senin museum ini tutup untuk umum. Museum ini pada awalnya merupakan kediaman pribadi seorang Jenderal Besar DR. Abdul Haris Nasution. Pada museum ini tersimpan banyak hal yang berkaitan dengan sejarah mengenai jalannya peristiwa G30S/PKI. Pada saat itu Jenderal Besar DR Abdul Haris Nasution berusaha untuk diculik oleh sekawanan kelompok birawa G30 S/PKI. Pada museum ini pernah dilakukan oleh usaha kelompok pembunuhan, kemudian pada saat dilakukan kelompok tersebut masih merasa aman. Hal yang bisa dipelajari adalah banyaknya jumlah anak yang memiliki keunggulan dari masing anggota masyarakat.

Bagi pengunjung yang ingin melakukan kegiatan pembelajaran, maka tempat ini merupakan salah satu tempat yang penuh sejarah tentang perjuangan bangsa indonesia. Pada saat kejadian Ade Irma Suryani Nasution berhasil dibunuh beserta dengan ajudannya, serta Kapten Anumerta Pierre Andreas Tendean juga gugur pada peristiwa tersebut. Selain beberapa kejadian sejarah, Museum Sasmitaloka juga menyimpan beberapa karya juang dari Jenderal Besar DR. Abdul Haris Nasution yang bisa membangkitkan semangat nasionalisma dalam diri. Cita–cita istri mendiang pahlawan TNI tersebut adalah supaya museum ini bisa memberikan kebijakan bagi siapa saja yang mengunjunginya terutama pemuda Indonesia. Jadi, selain mendapatkan foto dan cerita menarik pengunjung juga akan mendapatkan suntikan semangat juang untuk bisa menjadi lebih baik dari saat ini.

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar