Software Statistika: Pengertian dan Contohnya

Di zaman modern ini, kamu tentu tahu, semua bisa dikerjan dengan canggih dan tentunya mudah. Banyak teknologi yang sudah di ciptakan, dari teknologi seperti Alat-Alat Laboratorium sampai dengan teknologi pengolahan data. Tidak terkecuali dalam urusan pengolahan data dengan analisis statistika. Untuk mengolah data, tentu kamu akan kesulitan jika menggunakan cara manual. Maka, yang kamu butuhkan adalah software pengolah data statistika. Tujuan penggunaan software statistika sudah jelas, agar data yang diperoleh bisa akurat. Banyak, software statistika yang dapat kamu gunakan, namun tidak semuanya memiliki tingkat keakuratan dengan baik.

Software Statistika

Ada beberapa software statistika yang biasa digunakan di dunia pendidikan dan pekerjaan. Apa saja? Simak penjelasan Software Statistika: Pengertian dan Contohnya di bawah ini, ya!

Software Statistika: Pengertian dan Contohnya

Komputer pada hakikatnya merupakan salah satu alat bantu untuk melakukan penghitungan. Di dalam pengolahan data statistik dibutuhkan penghitungan dengan rumus-rumus rumit. Pengolahan datanya pun memerlukan ketelitian tingkat tinggi. Maka dari itu diperlukan komputer untuk membantu dalam mengerjakannya. Tidak cukup komputer, kamu juga membutuhkan software pendukung untuk pengolahan data statistik.

Baca Juga Artikel Terkait Seputar Penulisan Laporan Praktikum

Software statistika merupakan program komputer yang dapat mempermudah kamu dalam mengolah data statistika. Dengan menggunakan software statistika, data yang kamu peroleh pun bisa akurat dibanding kamu mengolahnya secara manual. Ada beberapa software yang biasanya digunakan untuk mengolah data statistika. Berikut contoh softwarenya:

  1. SPSS (Statistical Package for Sosial Science)

SPSS merupakan sebuah program yang memiliki operasi manajemen data dengan pengoprasian yang cukup sederhana, namun memiliki analisis data statistik yang cukup tinggi. SPSS ini biasanya digunakan untuk menganalisis data-data sosial kemasyarakatan menyangkut sikap, pengetahuan, kemampuan individu, daya beli, kemampuan bayar dan lain-lain yang memiliki hubungan dengan aspek sosial.

  • Minitab

Minitab adalah program komputer yang banyak digunakan untuk mempermudah pengolahan data statistik. Minitab memiliki keunggulan, ia dapat mengolah data statistika sosial dan teknik. Penggunaannya Minitab bisa dikatakan cukup mudah, mengombinasikan kemudahan penggunaan seperti layaknya Microsoft Excel dengan kemampuannya melakukan analisis statistik yang kompleks dan berbagai macam fitur pengolahan data yang cukup banyak.

  • SAS (Statistical Analysis System)

Dirancang dengan bahasa pemprograman untuk berbagai keperluan seperti analisis statistik, entri data, riset operasi, peningkatan kualitas pengembangan aplikasi data, dan lain-lain. Ada dua kategori pemprograman dalam SAS, yakni: data step dan procedure step.

Nah, itulah sedikit mengenai Software Statistika: Pengertian dan Contohnya. Tiga software yang disebutkan di atas adalah software yang cukup populer digunakan. Jadi, buat kamu yang bingung, bisa gunakan salah satu software di atas. Selamat mencobaa.

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar