Tips Liburan Keluarga Agar Lebih Menyenangkan

Tips Liburan Keluarga Agar Lebih Menyenangkan – Berlibur dengan keluarga sudah seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang hal tersebut membutuhkan persiapan yang cukup merepotkan, terlebih jika anak-anak Anda masih berusia cukup kecil. Tenang saja, Anda hanya perlu melakukan beberapa tips di bawah ini agar liburan keluarga bisa berjalan lebih menyenangkan.

1. Melakukan Persiapan dari Jauh-jauh Hari

Sebelum berlajut dengan artikel terbaru ini, ada pertanyaan untuk Anda. Kapan Anda berencana untuk berlibur bersama keluarga? Persiapkan sejak jauh-jauh hari, jika bisa minimal sebulan sebelumnya. Dengan begitu, Anda bisa memiliki waktu lebih untuk berdiskusi bersama keluarga, misalnya seperti budget, destinasi wisata yang ingin dikunjungi, hotel yang akan ditempati, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, melakukan persiapan dari jauh-jauh hari juga memungkinkan Anda untuk mengatur waktu cuti di kantor dan menyesuaikan pekerjaan. Jadi, selama liburan bersama keluarga nanti, Anda tidak akan diganggu oleh panggilan atau email dari kantor.

2. Antisipasi Kebutuhan Anak

Apabila anak Anda masih berusia bayi atau balita, akan ada saat di mana mereka akan rewel. Biasanya, penyebabnya berhubungan dengan kebutuhan biologis, misalnya mengantuk, lapar, atau ingin buang air. Sebagai orang tua, Anda tentu sudah hapal dengan kebutuhan biologis anak Anda, bukan?

Maka dari itu, lakukan antisipasi agar liburan keluarga Anda tidak terganggu dengan tangisan Si Kecil. Simpan susu di bagian tas yang mudah terjangkau agar Anda bisa segera memberikannya kepada anak Anda. Atau bagi anak yang sudah terbiasa buang air di toilet, Anda bisa sering-sering menanyakan kepadanya apakah ia butuh untuk ke toilet.

3. Jangan Lupa Membawa Uang Tunai

Teknologi zaman sekarang memang memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi pembelian secara cashless. Namun, membawa uang tunai tetap tidak boleh dilupakan. Lagi pula, tidak semua toko menyediakan layanan pembayaran menggunakan kartu debit dan kartu kredit.

Selain itu, membawa uang tunai juga memungkinkan Anda untuk mengatur pengeluaran selama liburan karena Anda bisa langsung melihat jumlah uang yang tersisa. Dengan begitu, Anda akan berpikir dua kali sebelum membelanjakan uang tunai tersebut. Jika Andaingin berlibur bersama keluarga yang menyenangkan, coba kunjungi tempat rekreasi anak di Jakarta ini.

4. Pesan Akomodasi dengan Area Tidur Berbeda

Apabila memungkinkan, pesanlah hotel atau tempat akomodasi lain yang menyediakan area tidur berbeda daripada hanya kamar standar dengan dua kasur. Harganya mungkin akan lebih mahal, tetapi hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang nyenyak sehingga aktivitas liburan pun bisa maksimal.

Jika semua anggota keluarga tidur di kamar yang sama, secara otomatis Anda harus tidur saat anak tidur. Hal tersebut tentu tidak masalah jika Anda memang ingin tidur cepat. Namun, jika ingin memiliki privasi lebih dengan pasangan, memesan hotel dengan area tidur berbeda merupakan langkah tepat yang wajib Anda ambil.

5. Sesekali Beri Kejutan pada Anak

Sisipkan hadiah kecil di dalam koper Anda untuk diberikan kepada anak jika ia berhasil bersikap baik selama liburan. Misalnya, Si Kecil sama sekali tidak rewel selama penerbangan. Setelah turun dari pesawat, Anda bisa memberinya cokelat atau mainan sebagai bentuk hadiah.

Selain itu, agar liburan keluarga bisa lebih menyenangkan, biarkan anak Anda memilih souvenir sendiri di tempat-tempat yang Anda kunjungi. Walaupun terlihat sepele, hal ini bisa menciptakan memori yang berharga dalam benak anak Anda.

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar