5 Buah yang Bisa Digunakan untuk Menaikkan Berat Badan Anak

Anak yang bergerak aktif akan lebih banyak membutuhkan nutrisi agar tumbuh kembangnya tetap optimal. Namun, tidak jarang pula berat badan anak-anak sulit bertambah, terutama setelah berat badannya berkurang akibat sakit. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan berat badan anak, salah satunya dengan memberikan asupan buah-buahan yang jumlah kalorinya tinggi.

Buah yang Bisa Digunakan untuk Menaikkan Berat Badan

1. Pisang

Sudah tidak asing lagi bahwa konsumsi buah pisang memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi untuk menambah berat badan. Kandungan kalori pada buah pisang mencapai 134 kalori pada setiap 100 gramnya. Memang, anak akan cepat kenyang, tetapi juga akan lebih berenergi.

Buah pisang juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, mulai dari vitamin C, vitamin B6, dan potasium. Tidak hanya dalam bentuk buah segar, kamu juga bisa membuat variasi olahan pisang seperti puree, smoothies, atau disajikan bersama waffle saat sarapan.

2. Alpukat

Nutrisi di dalam buah alpukat juga banyak mengandung lemak baik yang efektif untuk menambah berat badan anak. Nah, alpukat adalah salah satu buah yang dibudidayakan di Lampung, tepatnya di Kabupaten Pringsewu. Pecinta alpukat mungkin bisa coba mampir berkunjung ke sana. Untuk urusan beli tiket ke Lampung, kamu pastinya bisa lihat tiket lebih murah di sini.

Kembali ke persoalan alpukat, kandungan kalori di dalam 100 gram buah alpukat mencapai 160 kalori. Ya, lebih tinggi dari kandungan pada buah pisang. Dalam satu butir buah alpukat, biasanya terkandung hingga 322 kalori. Agar si kecil menyukai sajian buah alpukat, buat variasi olahan yang lezat dengan membuatnya menjadi jus, puding, campuran salad buah, atau sajikan potongan alpukat dengan madu atau es krim.

3. Mangga

Buah yang segar ini punya rasa yang manis saat sudah matang sempurna. Dalam kandungan 100 gram buah mangga, kamu akan mendapatkan 100 kalori dengan 25 gram karbohidrat. Nutrisi yang lumayan tinggi untuk meningkatkan berat badan anak.

Nah, olahan yang sangat disarankan adalah mencampurkan buah mangga ke dalam susu whole milk. Selain rasanya jadi lebih enak, kandungan kalorinya juga lebih tinggi. Mangga juga memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, dan vitamin B6 yang bermanfaat untuk meningkatkan berat badan.

4. Nangka

Sajian buah nangka untuk anak-anak memang cukup tricky. Sebaiknya, nangka digunakan sebagai campuran di dalam es buah. Kalori sebanyak 95 kalori dalam 100 gram buah nangka akan memberikan tambahan nutrisi yang cukup untuk menambah berat badan. Vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin B6, dan potasium juga bermanfaat untuk nutrisi anak-anak.

5. Kelapa

Nah, rasa segar buah kelapa akan lebih mudah diterima oleh anak-anak. Dalam 100 gram buah kelapa tersimpan hingga 354 kalori. Buah kelapa muda yang manis bisa disajikan dengan campuran sirup atau kental manis agar rasanya lebih mudah diterima oleh anak-anak.

Pilihan buah untuk menambah berat badan anak ini bisa kamu gunakan sebagai alternatif makanan bagi anak-anak. Selain bisa menambah berat badan, buah-buahan juga mengandung nutrisi vitamin yang aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar