Cara Mengatasi Lupa Password Gmail

Cara Mengatasi Lupa Password Gmail

Cara Mengatasi Lupa Password Gmail – Saat ini memiliki akun Gmail rasanya menjadi kewajiban setiap orang yang memiliki smartphone, terutama yang berbasis sistem operasi Android. Sebabnya adalah akun gmail ini juga berfungsi sebagai akun Google, yang mana akun ini bisa untuk mengakses semua layanan yang ada pada google seperti Play Store, Youtube, Google Drive, dan masih banyak lagi untuk kegunaan android itu sendiri.

Gambar terkait

Gmail sendiri merupakan layanan email yang dikembangkan oleh raksasa internet Google. Gmail adalah singkatan dari Google Mail. Gmail menyediakan layanan surat eletronik (email) berbasis web yang diberikan secara gratis kepada semua pengguna. Pertama kali layanan ini diluncurkan tanggal 21 Maret 2004 dan menjadi perbincangan di dunia teknologi karena sebab langsung menyediakan kapasitas email 1 GB. Kapasitas tersebut pada masanya bisa dibilang sangat lah besar dan merupakan gebrakan yang maju dari Google Inc.

Tak lama setelah adanya gmail , secara bertahap pengguna Yahoo Mail dan Hotmail yang merupakan salah satu penyedia layanan email mulai kalah dari segi jumlah gag. Hampir seluruh pengguna internet saat ini pasti sudah memiliki akun gmail.

Untuk orang yang biasanya berinteraksi dengan dunia maya, tentu saja mereka memiliki banyak akun pada website-website tertentu seperti Gmail, Instagram, Linkedin, Yahoo, Facebook, Twitter dan banyak akun lainnya. Dengan banyaknya akun ini lebih baik setiap akun beda passwordnya, bisa jadi sangat sulit dihafal jika password yang dimiliki variasinya juga banyak. Jika anda pernah mengalami lupa kata sandi atau password pada media sosial seperti facebook, twitter dan lain sebagainya, maka salah satu cara untuk bisa membuat akun tersebut adalah dengan menggunakan email. Dengan begitu nanti kita akan dikirimi email verifikasi untuk reset password.

Untuk bisa mengakses akun gmail itu tentunya kita juga harus memasukkan password yang telah kita atur sebelumnya. Namun karena saat ini biasanya kita memiliki lebih dari satu akun gmail, kadang suka lupa password gmail yang kita miliki. Seperti saat ini password ini akan disimpan oleh sistem android agar kita tidak perlu repot-repot untuk memasukkan password untuk akun yang sama ke berkali-kali setiap kita login. Tidak semua orang melakukan hal yang sama, ada yang tahu fitur ini dan menggunakannya, namun ada juga yang belum mengerti fitur tersebut.

Nah berikut ini akan saya paparkan cara untuk mengatasi lupa password gmail yang saya kutip dari caraterselubung.com . Syarat pertama adalah saat kamu kirim email saat pertama kali, kamu sudah set berapa nomor handphone kamu. Nomor ini digunakan sebagai nomor email pemulihan. Jika syarat pertama tidak terpenuhi maka anda sebelumnya sudah harus atur alamat email anda. Jika salah satu syarat saja tidak bisa kamu penuhi maka bisa jadi sangat sulit untuk mereset password gmail kamu. Semoga cara-cara berikut ini jelas dan mudah untuk diikuti.

Langkah-langkah reset password gmail yang lupa

  1. Masuk ke alamat website recovery google dengan mengikuti alamat link berikut https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=id
  2. Masukkan email yang ingin kamu reset passwordnya.
  3. Google akan menampilkan hanya 2 digit terakhir dari nomor handphone kamu. Jika informasi digit yang benar dan sesuai dengan nomor handphone yang kamu pegang saat ini, pastikan nomor ini terpasang pada handphone yang aktif dan masih ada beterainya. Klik “Kirim Pesan Teks” dan Google akan mengirimkan sebuah SMS yang sedang memuat kode verifikasi.
  4. Periksa kotak masuk SMS lalu ambil kode dari Google
  5. Masukkan kode tersebut pada halaman website tadi.
  6. Selanjutnya bisa memasukkan kata kunci yang baru, dan isikan kata kunci yang baru ini lagi

Selanjutnya saat kita sudah bisa masuk ke akun gmail, jangan lupa ganti password gmail secara berkala. Karena aktivitas hacking dengan server akun email telah menjadi salah satu tantangan yang paling menakutkan di dunia internet yang serba online sekarang ini. Sudah banyak kasus dimana pengguna internet dengan tidak kuasa harus kehilangan akun email mereka karena telah dicuri oleh piha-pihak yang tidak bertanggung jawab, yang hanya menguntungkan diri sendiri tanpa hasil akibatnya.

Semua data pribadi yang tersimpan di email bisa hilang karena dicuri oleh hacker. Data tersebut bisa data kontak, alamat email, email penting, akun masuk ke situs tertentu dan lain sebagainya. Kejadian seperti ini membuat kita harus sering masuk kata kunci lebih sering, bisa diulang 2 minggu sekali, atau kenalan sekali. Penggantian password ini agar tidak mudah dilacak oleh orang lain, atau saat kita login email di komputer publik yang mana kita lupa untuk log out.

Cara lain Seorang hacker hearts Mencuri akun Adalah degan melakukan phising . Phising adalah menipu calon korban dengan mengubah tampilan website yang biasa mereka kunjungi dengan tampilan yang sama persis. Pada website tersebut kita diharuskan untuk memasukkan alamat email dan password, jika sudah begitu maka sudah pasti akun email dan password kita sudah hilang. Nah, salah satu cara mengakalinya adalah ganti password tadi, kalau kita sadar apa yang kita lakukan itu salah, segeralah untuk memasukan password gmail sebelum hacker ubah password yang kita miliki saat ini.

Dengan rentannya pengguna gmail untuk di hack, Google selalu mengupdate sistem keamanan cukup tingkat keamanan akun terus berkembang sehingga pengguna akun Gmail selalu merasa aman tanpa harus takut kehilangan akun mereka. Ada banyak cara untuk membuat akun Gmail mereka, tidak semua cara bisa dilakukan dengan mudah. Semua kembali ke pertanyaan akun mereka yang hadapi, ada yang lupa alamat emailnya, lupa password gmail, atau bahkan sudah hilang akunnya karena dicuri oleh orang lain dan password gmail sudah diganti.

Cara Ganti Password Gmail

Untuk bisa masuk password gmail maka ikuti langkah-langkah mudahnya berikut ini. Semoga jelas dan mudah diikuti.

  1. Pastikan akun gmail sedang dalam posisi masuk / login. Jika belum silakan masuk terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya buka alamat website berikut https://accounts.google.com/EditPasswd pada browser favorit mu
  3. Isikan kata sandi yang Anda inginkan dengan kata kunci yang kuat dengan kombinasi angka, huruf kecil, dan huruf besar. Ulangi lagi untuk konfirmasi pada Confirm new password, untuk mengamankan kata kunci yang anda masukkan sudah cocok. Jika Anda ragu-ragu bisa klik ikon mata di sebelah kanan ini untuk menampilkan password yang sudah anda ketik. Gunakan password yang kuat dengan minimal 8 karakter yang terdiri dari angka, simbol, huruf, kecil, dan huruf besar.

Sekian tutorial yang semoga bisa bermanfaat bagi pembaca budiman sekalian. Jangan lupa bagikan ke teman-teman jika bermanfaat Terima kasih dan sampai jumpa di tulisan kami selanjutnya.

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar