4 Cara Mengumpulkan Data Dalam Jenis Metode Penelitian Kualitatif

Description: https://lh4.googleusercontent.com/GebLOypaQ-YhkDIgm_rtEZEaQhpNy_iWkEM9huCJEUVfVTtvLEh-3vQkHjh2lkSaSHaWGa5oFNwpgkRsRekSGmQYhPbEYhzc-cySFHc3nUUgb3klCu7bNQtI-kQFAQ

Pernahkah kamu mendengar tentang metode dalam penelitian? Jadi, metode penelitian adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan seorang peneliti pada saat memecahkan suatu masalah. Nantinya, hasil yang didapatkan juga harus dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Memang, metode penelitian belum banyak di gunakan di bangku sekolah. Namun, jika kamu melanjutkan kuliah, kamu akan mengerjakan skripsi yang nantinya menggunakan salah satu metode penelitian. Biasanya dalam perkuliahan menggunakan 2 jenis metode penelitian yaitu metode kuantitatif atau metode kualitatif. Kali ini kita akan membahas jenis metode penelitian kualitatif ya.

Jika kamu yakin menggunakan jenis metode penelitian kualitatif, kamu akan merasakan tantangan dalam mengumpulkan datanya. Untuk jenis metode penelitian kualitatif lebih menekankan pemaparan secara deskriptif. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam mengumpulkan data jika kamu melakukan penelitian kualitatif. Cara-cara tersebut antara lain teknik observasi, wawancara mendalam, kajian dokumen, dan Focus Group Discussion. Yuk, kita bahas satu persatu:

  1. Teknik Observasi

Apabila kamu sedang melakukan penelitian, pastinya kamu akan membutuhkan data sebagai dasar dari analisis yang hendak dilakukan. Data dapat diperoleh dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan observasi. Secara umum, observasi merupakan kegiatan mengamati suatu objek dan mengambil kesimpulan dari pengamatan tersebut, untuk mendapatkan data-data deskriptif.

  • Wawancara Mendalam

Teknik wawancara mendalam bisa kamu lakukan jika kamu butuh data deskriptif yang cukup banyak. Metode ini sering digunakan bersamaan dengan penggunaan metode observasi. Untuk jenis metode penelitian kualitatif, pertanyaan yang digunakan dalam wawancara merupakan pertanyaan terbuka, sehingga informan bisa menjawab dengan lebih komprehensif.

Dengan menggunakan metode wawancara, kamu bisa mendapatkan informasi primer dari informan dan juga bisa berinteraksi secara langsung. Tetapi, kelemahannya antara lain tingkat komprehensif pada hasilnya sangat bergantung dengan seberapa banyak kamu bisa menggali informasi dari informan. 

  • Kajian Dokumen

Kamu juga bisa menggunakan kajian dokumen untuk mencari data penelitian kualitatifmu. Contoh kajian dokumen yang bisa digunakan antara lain meneliti naskah lama, foto-foto, film, maupun hasil penelitian sebelumnya atau buku yang terkait dengan penelitianmu. 

  • Focus Group Discussion

Metode terakhir yang bisa kamu gunakan untuk memperoleh data kualitatif adalah Focus Group DiscussionFocus Group Discussion merupakan salah satu bentuk teknik wawancara kelompok yang dilakukan peneliti untuk memetakan masalah awal penelitian dan memahami fokus kelompok kecil yang sedang diteliti. Metode ini tidak hanya digunakan untuk penelitian saja, lho. Beberapa perusahaan dan institusi pemberi beasiswa juga menggunakan metode ini untuk menyeleksi pendaftarnya.

Gimana kamu sudah paham belum dengan 4 cara mengumpulkan data dalam jenis metode penelitian kualitatif ini? Buat kamu kelas 12 SMA yuk semangat dalam meraih nilai terbaik dalam menghadapi Ujian Nasional nanti, agar bisa mendapatkan PTN yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk belajar melalui aplikasi Ruangbelajar agar lebih menguasai lagi materi yang akan diujikan nanti. Rajinlah berlatih dalam latihan soal di Ruangbelajar ya. Semangat!

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar