Cara Menjaga kesehatan burung Kicauan Agar Segar Bugar

Ebagai pemiliki burung kicauan, apapun jenis burng kicauan yang di pelihara, maka menjaga kesehatan burng itu sendiri menjadi suatu hal dasar namun penting untuk di perhatikan. Karena dengan membuat kesehatan burung akan menurunkan kualitas burung itu sendiri, seperti terganggunya mental burung, kicauannya kurang terlatih dan lebih berdiam diri, dan tentunya hal tersebut sangat merugikan untuk pertumbuhannya, terlebih burung tersebut dalam masa pertumbuhan, seperti umu 1 sampai 3 bulan, dimana di umur segitu waktu yang tepat untuk masteran untuk melatih suara kciauan

Bukan hanya kurang baik untuk burung kicau anakan, akan tetapi kurang baik juga terhadap burung yang sudah dewasa, terlebih burung tersebut akan segar di ikutkan lomba kicauan.

Apapun jenis burung peliharaan yang dimiliki oleh para pembaca sekalian, entah itu burung lovebird, murai batu atau anis merah tentunya untuk meningkatkan harga jual burung tersebut adalah dengan cara meningkatkan kualitas suara kicauaannya.

Cara Menjaga kesehatan burung Kicauan Agar Segar Bugar

Dalam melatih kicauan dari burung tentunya membutuhkan burung dalam keadaan benar-benar sehat dan juga di dukung dengan stamina yang sangat baik, dan dilanjut dengan masteran.

Banyak factor yang mempengaruhi stamina burung lovebird, seperti memberikan pakan yang berkualitas dengan gizi yang seimbang, menjemur, memandikannya dan lain sebagainya.

  1. Mandikan burung kicauan

Burung kicauan,apapun jenisnya tentunya perlu untuk mandi untuk membersihakn bulu ktornya menjadi bersih kembali dari kotoran yang menempel pada bulunya. Selain itu dengan memandikannya dalam mengemablikan kesegaran dan kebugaran burung, dan nantinya burung menjadi aktif dan rajin untuk berkicau.

Namun, memang mandi menjadi suatu keharusan,akan tetapi lama dan jumlah memandikannya perminggu berbeda-beda. akan tetapi pastikan saja kuman dan bakteri yang ada pada bulunya hingga hilag dengan menggunakan air dan capuran cairan air anti bakteri lebih baik.

  • Menjemur

Agar bulu burung menjadi kering kemabli, tentunya harus di jemur di bawah sinar matahari, dan sebaiknya untuk menjemur di bawah sinar matahari dilakukan pada pagi hari, karena matahari pagi hari sangat baik untuk kesehatannya.

  • Pakan

Untuk pemberian pakan, tentunya di sesuaikan denga jenis burung itu sendiri, karena setiap burung memiliki pakan kesukaan masing-masing. Akan tetapi perhatikan kembali, nilai gizi yang terdapat dari pakan yang diberikan, dengan memperhatikan kandungan protein, karbohidrat, serat, dan juga Vitamin. Agar staminanya stabil dan membuatnya menjadi gacor, terutama pakan yang memiliki kandungan protein.

  • Masteran burung

Memastera burung artinya memberikan contoh suara terhadap burung itu sendiri yang sedang dimasterkan, agar nantinya iaramanya bisa di kenali dan akhirnya burung yang di masterkan dapat menitukan suara masterannya.

Untu memaster burung,maka bisa dengan memilih suara masterannya, entah itu yang dilakukan dengan cara menggunakan Audio ataupun menggunakan media burung langsung.

Akan tetapi jenis apapun suara masteran yang akan digunakan yang akan di masterekan, maka sebaiknya pilih waktu yang benar-benar burung kicauan bisa dengan focus ketika mendengarkannya.

Waktu yang tepat untuk di pilih saat melakukan masteran adalah dimana burung kicauan dalam keadaan santai dan diam. Karena pada saat itu burung bisa dengan focus mendengarkan suara masterannya dibandingkan ketika burung dalam keadaan aktif dan akan sulit masuk suara masterannya dan juga cenderung menyahutnya saja.

Nah, demikianlah cara menjaga kesehatan burng kicauan agar memiliki stamina yang baik dan membuatnya menjadi rajin untuk berkicau.

Referensi :

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar