Dapatkah Kita Mencegah Kangker?

Dapatkah Kita Mencegah Kangker? Banyak orang percaya bahwa mendapatkan kanker murni tergantung pada gen, nasib, atau nasib buruk. Tetapi melalui penelitian ilmiah, kita tahu bahwa risiko kita sebenarnya tergantung pada kombinasi gen kita, lingkungan kita, dan hal-hal yang berkaitan dengan gaya hidup kita, yang lebih bisa kita kendalikan.

Mencegah Kangker

Mencegah Kangker

Dalam Artikel berita ini menjelaskan bahwa Kanker disebabkan oleh kerusakan pada DNA kita, instruksi kimia yang memberi tahu sel-sel kita apa yang harus dilakukan. Hal-hal yang kita jumpai di lingkungan kita, seperti sinar UV, atau melalui gaya hidup kita, seperti bahan kimia penyebab kanker dalam tembakau, dapat merusak DNA kita. Kerusakan ini dapat terjadi seiring waktu. Jika sel mengembangkan terlalu banyak kerusakan pada DNA, ia dapat mulai tumbuh dan berkembang biak di luar kendali. Kita harus mencegah kangker sebelum terjadi.

Riwayat keluarga dan gen yang diwariskan

Beberapa orang mewarisi DNA yang rusak dari orang tua mereka, yang dapat memberi mereka risiko lebih tinggi untuk kanker tertentu. Misalnya gen BRCA terkait dengan payudara, ovarium, prostat, dan kanker lainnya. Tetapi proporsi kanker yang disebabkan oleh gen-gen jahat yang diwariskan kecil – para ahli memperkirakan bahwa hanya sekitar 2 atau 3 dari setiap 100 kasus kanker terkait dengan kesalahan gen yang diturunkan.

Berapa banyak kanker yang bisa dicegah?

Di Inggris, 1 dari 2 orang akan mengembangkan kanker pada titik tertentu dalam hidup mereka. Setiap tahun, sekitar 360.000 orang didiagnosis mengidap penyakit ini. Tetapi para ahli memperkirakan bahwa sekitar 4 dari 10 kasus kanker dapat dicegah, sebagian besar melalui perubahan gaya hidup, seperti:

  • tidak merokok
  • menjaga berat badan yang sehat
  • makan makanan yang sehat, seimbang
  • mengurangi alkohol
  • menikmati matahari dengan aman
  • tetap aktif

melakukan apa yang dapat Anda lakukan untuk menghindari infeksi tertentu (seperti HPV atau hepatitis)

Survei telah menunjukkan bahwa orang tidak perlu sadar bahwa semua hal ini terkait dengan kanker. Sebagai contoh, penelitian telah menemukan bahwa 15 dari 20 orang tidak tahu obesitas menyebabkan kanker, dan 18 dari 20 orang tidak menyadari hubungan antara alkohol dan kanker. Ada uga harus mencegah dan mengobati Diabetes Anda agar gula darah Anda stabil.

Butuh inspirasi

Membuat perubahan bisa sulit, tetapi ada begitu banyak manfaat. Cobalah mencari cara untuk lebih mudah memasuki kebiasaan sehat dan bertahan dengan mereka, seperti aktif secara teratur dengan seorang teman, mencatat apa yang Anda makan atau minum, atau membiarkan teman dan keluarga Anda tahu tentang apa yang Anda lakukan.

Kami telah mengumpulkan kiat dan trik yang digunakan orang-orang untuk menjadi sehat sedikit lebih mudah. Terkadang kita membutuhkan sedikit dorongan untuk membawa kita menuju kebiasaan sehat. Jadi lihat peretasan kesehatan favorit kami di bawah – di mana Anda akan mulai?

Bisakah Perubahan Gaya Hidup Dapat Mencegah Kangker?

Ya, dan bukan hanya untuk kanker. Pada tahun 2008, sebuah penelitian besar di Inggris menemukan bagaimana kombinasi empat perilaku sehat akan memengaruhi kesehatan Anda. Ini adalah: tidak merokok; tetap aktif; memoderasi berapa banyak alkohol yang Anda minum; dan makan lima porsi buah dan sayuran setiap hari.

Orang-orang yang melakukan semua perilaku sehat memperoleh rata-rata 14 tahun hidup dibandingkan dengan orang-orang yang tidak melakukan salah satu dari mereka.

Kunjungi Juga: Beberapa Tips Merawat Kecantikan Tubuh

Apakah pencegahan adalah jaminan?

Hidup sehat bukanlah jaminan besi terhadap kanker. Tapi itu menumpuk peluang menguntungkan Anda, dengan mengurangi risiko mengembangkan penyakit.

Sebagai contoh, kita tahu bahwa adalah mungkin bagi perokok berat untuk menjalani kehidupan Mencegah Kangker, sementara seseorang yang tidak pernah menyentuh rokok dapat mengembangkan kanker paru-paru. Tetapi banyak studi jangka panjang yang besar dengan jelas menunjukkan bahwa orang yang tidak pernah merokok jauh lebih kecil kemungkinannya untuk berkembang atau meninggal karena kanker daripada perokok.

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar