Jangan Tertipu Harga Genteng, Inilah Tips Memilih Genteng Berkualitas

Jangan Tertipu Harga Genteng, Inilah Tips Memilih Genteng Berkualitas – Genteng rumah menjadi item terpenting dalam sebuah bangunan. Sehingga Anda jangan sampai salah pilih sehingga harus mengeluarkan uang lebih untuk perbaikannya. Memang memilih genteng yang berkualitas itu gampang-gampang sulit. Tapi, dengan beberapa tips ini Anda akan bisa membedakan mana genteng yang bagus dan mana yang bukan.

Harga Genteng

Pilihlah Genteng yang Kondisinya Bagus dan Tidak Ada Retakan

Genteng yang memiliki kondisi bagus bisa dilihat secara fisik. Sehingga ciri ini bisa Anda jadikan sebagai patokan dalam pemilihan genteng berkualitas.Jika genteng tersebut memiliki retakan maupun ada bagian yang gilang di ujungnya, akan sangat berisiko menimbulkan kebocoran saat hujan. Rumah Anda tidak akan aman di saat musim hujan, air akan merembes bahkan menetes. Hal ini tidak bergantung pada harga genteng, berapa pun harga kalau retak akan sama saja.

Sebaiknya jika Anda membeli genteng dalam jumlah banyak, lakukan dulu pengecekan menggunakan teknik sampling untuk memastikan kondisi fisik genteng yang dibeli benar bagus. Selain itu, Anda jika memilih tempat jualan genteng, pastikan genteng sample dan yang dijual sama.

Ketuk-Ketuk Terlebih Dulu

Tips selanjutnya untuk mengetahui kualitas genteng yakni dengan cara mengetuk permukaan genteng. Jangan sampai Anda memilih harga genteng murah dengan kualitas jelek. Cara ini bisa juga untuk mengetahui kekuatan genteng dan ketebalannya. Jika bunyinya keras maka kualitas genteng tersebut kurang bagus karena memiliki ketebalan yang kurang. Sebaliknya, jika pada saat diketuk tidak menimbulkan bunyi yang keras maka genteng tersebut bagus.

Pilihlah yang Mempunyai Satu Ukuran

Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan yakni pada saat pemilihan. Pastikan terlebih dulu kalau genteng tersebut memiliki ukuran yang sama atau memiliki satu ukuran. Mengapa harus demikian? Hal ini akan memudahkan dalam pemasangan. Jika genteng memiliki ukuran yang berbeda akan sulit pada saat pemasangan dan berisiko renggang sehingga menimbulkan kebocoran.

Jika Anda justru malas menukarkan dengan ukuran yang sama, nantinya akan tidak terpakai dan menjadi salah satu pemborosan. Sebaiknya Anda lebih teliti dalam pembelian agar tidak mengalami kerugian.

Pastikan Bakaran Genteng Sempurna

Tips selanjutnya yakni pastikan genteng yang Anda beli telah dibakar dengan sempurna. Ciri fisik genteng yang yang telah melalui proses pembakaran sempurna yakni bisa dilihat dari warnanya. Jika warna genteng tersebut merah kekuningan maka kualitasnya bagus. Namun jika genteng tersebut masih berwarna kecoklatan, maka proses pembakaran belum maksimal dan hasil pun kurang matang. Jangan tertipu dengan harga genteng, Anda harus memastikan poin ini.

Risiko yang akan Anda dapat jika membiarkan genteng dengan kondisi kurang sempurna dipasang yakni ketahanannya kurang, bisa jadi beberapa bulan sudah merembes dan bisa menimbulkan kebocoran.

Cek Kebocoran Secara Acak

Agar bisa membuktikan tingkat kualitas genteng Anda bisa melakukan pengecekan secara acak dengan menggunakan air. Media air memang sangat tepat digunakan sebagai bahan penguji kelayakan terhadap genteng. Anda bisa dengan menyiramkan air ke genteng secara acak, hal ini jika Anda melakukan pembelian dalam jumlah banyak.

Meskipun harga genteng Anda mahal, tapi jika dilakukan cek secara acak tidak layak, maka suatu kerugian. Jika disiram air mengalami kebocoran maka kualitas genteng tersebut kurang baik, begitupun sebaliknya.

Jangan tertipu dengan harga genteng yang murah karena harga sesungguhnya yakni pada kualitasnya. Biasanya harga membawa kualitas. Jika Anda tidak menginginkan kualitas yang bagus bisa saja membeli genteng dengan harga murah tapi dengan risiko yang besar. Semua pilihan ada di tangan Anda.

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar