Kesehatan Calhaj Nantinya Akan Masuk JKN

Kesehatan Calhaj Nantinya Akan Masuk JKN – Jika sebelumnya tidak, maka saat ini pelayanan kesehatan para calon jamaah haji Indonesia mulai akan terintegrasi dengan sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dengan demikian, bagi anda yang nantinya mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji, anda akan langsung terlayani dan terkoneksi dengan sistem pelayanan kesehatan yang berlaku di dalam JKN.

“Kebijakan ini (memasukkan calon jamaah haji dalam system JKN) harus diimbangi dengan kajian mendalam dan sesuai dengan aturan yang telah ada,” jelas Staf ahli Menkes bidang pembiayaan dan Pemberdayaan Masyarakat yakni Yusharmen, di sela-sela seminar Pelayanan Kesehatan Jamaah Haji di Era JKN.

Untuk merealisasikannya, lanjut Yusharmen, harus diawali dengan memastikan kepesertaan jamaah haji masuk dalam Program JKN.  Ini harus terintegrasi dengan mekanisme saat mendaftar haji. Harus ada satu sistem yang mengatur dan menerangkan bahwa setiap calhaj yang mendaftar paket Umroh Plus Turki, otomatis akan menjadi peserta JKN. Dan, ide mengenai ini perlu perumusan bersama-sama di antara Kemenkes, Kementerian Keuangan, Kementerian Agama dan dari pihak BPJS Kesehatan.

Pelayanan kesehatan bagi jamaah haji yang dimaksud di sini adalah ketika berangkat ke tanah suci hingga sesampainya di tanah air. Di luar periode itu, sistem JKN akan tetap berlaku secara umum bagi jamaah haji atau sama seperti peserta JKN lainnya.

Pertimbangan mengenai masuknya JKN dalam pelayanan kesehatan jamaah haji adalah karena selama ini semua pembiayaan pelayanan kesehatan bagi Jamaah Haji menjadi beban jamaah sendiri. Sementara dari pemerintah, menyiapkannya pada masa operasional di Embarkasi masing-masing dan saat di Arab Saudi.

Belum bisa dipastikan kapan program ini akan bisa dilaksanakan secara terintegrasi, menurut staf Menkes. Karena memang diperlukan rumusan kebijakan yang lebih teknis diantara semua kementerian dan lembaga negara yang terkait.

Kita dukung adanya rencana baik dalam pelayanan kesehatan jamaah haji ini. Apalagi memang dalam rangka menekan keseluruhan dari biaya haji. Dan ke depan, semoga biaya haji bisa semakin murah dan simple kseseluruhan tahapannya.

Bagi anda yang menginginkan detail informasi mengenai Umroh Desember 2019, bisa hubungi kami.

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar