KREDIT HP Online Tanpa DP, Bagaimana Caranya?

Saat ini, membeli barang apa saja secara online tanpa dp dengan cara kredit telah menjadi tren belanja baru yang digemari banyak orang. HP atau smartphone termasuk salah satu jenis barang yang paling laris dibeli dengan metode ini.

Selain karena perubahan fitur teknologi yang begitu cepat, di era digital seperti sekarang, HP tidak lagi digunakan untuk sekadar berkomunikasi, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk banyak aktivitas seperti berbelanja, membayar tagihan, fotografi, menonton aneka tayangan hiburan, bermedia sosial ria, bermain game, membaca berita, dan lain sebagainya.

Sejalan dengan tren tersebut, berbagai merchant atau marketplace online juga saling berkompetisi dalam menyediakan fasilitas kredit instan online yang terbaik bagi calon konsumen untuk membeli barang apa saja, termasuk hp. Sebagian bermitra dengan bank, sebagian lagi bermitra dengan lembaga multifinansial yang kredibel seperti Kredivo.

Bagi Anda yang tertarik dengan kredit hp online tanpa dp, namun masih sedikit awam, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Daftar akun dan ajukan kredit terlebih dahulu

Sebelum menentukan di merchant atau marketplace online mana Anda akan kredit hp online, sebaiknya Anda mengetahui dahulu lembaga penyedia fasilitas kredit instan online yang bermitra dengan merchant tersebut.

Umumnya, sebelum kredit hp online tanpa dp di merchant online, Anda akan diminta untuk mendaftarkan akun dan mengajukan kredit terlebih dahulu melalui situs atau aplikasi resmi penyedia kredit.

Ada beberapa lembaga multifinansial yang menyediakan fasilitas ini, salah satunya Kredivo yang telah bermitra dengan lebih dari 150 merchant online yang kredibel di Indonesia. 5 merchant online rekanan Kredivo yang terpopuler untuk membeli hp di antaranya adalah Lazada, Bukalapak, JD.ID, Bhinneka, dan Blibli.

Untuk mendaftar akun Kredivo, Anda wajib berusia minimum 18 tahun, WNI, berpenghasilan minimum Rp 3 juta per bulan, serta berdomisili di Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Semarang, Denpasar, Palembang, atau Medan.

Ada dua opsi kredit yang ditawarkan Kredivo, yaitu “Bayar dalam 30 hari” dengan bunga 0% dan opsi “Cicilan” tenor 3, 6, atau 12 bulan dengan bunga rendah 2,95%. Proses pendaftarannya serba online, mudah, dan cepat. Anda hanya perlu mendownload aplikasi Kredivo di Google Play Store atau  App Store, menyambungkan akun Facebook Anda untuk proses verifikasi, dan memilih metode “bayar dalam 30 hari” atau cicilan.

Apabila Anda memilih “bayar dalam 30 hari”, maka Anda perlu mengunggah foto KTP, dan menyambungkan 1 akun e-commerce yang telah memiliki riwayat transaksi. Untuk metode cicilan, ada dua opsi cara mendaftar. Jika Anda memilih opsi cicilan reguler, Anda perlu menambahkan akun internet banking sebagai bukti penghasilan, dan untuk cicilan express, Anda perlu mengunggah 2 bukti alamat seperti KK dan STNK, serta 2 bukti penghasilan seperti slip gaji dan rekening koran. Tak perlu khawatir, semua data Anda tentunya terenkripsi sehingga sangat terjamin keamanannya.

Setelah selesai, Anda hanya tinggal menunggu dalam waktu kurang dari 1 x 24 jam untuk proses persetujuan. Ketika disetujui, nantinya akan ada notifikasi masuk ke aplikasi Anda beserta jumlah limit kredit yang diberikan pada bagian dashboard.

Kredivo memberikan limit kredit hingga Rp 20 juta. Supaya Anda mendapatkan limit maksimal, pastikan data-data yang diunggah valid dan dapat terbaca dengan jelas. Pastikan juga Anda tidak memiliki utang lebih dari 30% ketika Anda memberikan bukti penghasilan. Meski tidak ada jaminan, hal ini tentu dapat membantu Anda memiliki peluang untuk mendapatkan plafon kredit yang besar.

  1. Pilih dan bandingkan produk di berbagai merchant online

Setelah pengajuan kredit di-approved, Anda bisa membeli hp sesuai dengan jumlah plafon kredit yang tersedia pada halaman dashboard aplikasi.

Sebelumnya, tentukan dulu hp yang ingin Anda beli. Cari tahu perihal spesifikasi dan kisaran harga pasar, lalu bandingkan antara merchant yang satu dengan merchant online yang lainnya. Dengan mengetahui spesifikasi dan kisaran harga, Anda bisa mendapatkan hp dengan kualitas dan harga terbaik.

Untuk menghindari terjadinya penipuan, Anda juga harus memerhatikan reputasi penjual di merchant online tersebut, baik dari segi rating, ulasan produk dari pengguna, hingga menghubungi penjual secara langsung.

  1. Sesuaikan harga produk dengan bujet dan kemampuan finansial Anda

Belilah hp sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda dalam membayar cicilannya. Jika Anda mendapatkan plafon kredit yang cukup besar, misalnya Rp 10 juta, jangan langsung kalap dengan menghabiskan plafon untuk membeli atau kredit hp tanpa dp di luar bujet yang telah ditentukan.

Perlu diingat, semakin besar harga hp yang Anda beli, akan semakin besar juga beban utang atau kredit yang harus Anda tanggung. Maka, perhitungkan dulu kemampuan finansial Anda dalam membayar cicilan dan bunganya nanti. Sesuaikan juga dengan rasio utang yang saat ini Anda miliki.

Sebagai gambaran kasar, misalnya, Anda memiliki penghasilan Rp 7 juta per bulan, utang yang Anda punya adalah 15% per bulan atau sekitar Rp1,050.000, artinya, Anda hanya punya peluang kurang dari 15% lagi dari total penghasilan untuk bayar cicilan hp, yaitu sekitar Rp1.000.000. Jumlah tersebut sudah termasuk cicilan plus bunga.

Dengan pilihan tenor misalnya 6 bulan dengan bunga 2,95%, tanpa dp dan tanpa biaya admin melalui Kredivo, maka idealnya bujet untuk beli dan kredit hp murah yang sesuai kemampuan Anda adalah  sekitar Rp 5 juta ke bawah. Berikut adalah simulasinya:

Harga HP  :  masa tenor = Rp 5.000.000 : 6 bulan = Rp 833.000 / bulan.

Bunga  x   harga HP = 2,95% : Rp 5.000.000 = Rp 147.500 / bulan.

Maka, total cicilan hp per bulan = Rp 833.000 + Rp 147.500 = Rp 980.500

  1. Patuhi perjanjian dan bayar cicilan hp sesuai dengan kesepakatan

Hal utama yang vital dalam kredit hp online tanpa kartu kredit adalah pembayaran cicilan yang tepat waktu. Selain menambah nilai plus pada histori kredit, pembayaran yang tepat waktu juga akan menghindari Anda dari biaya keterlambatan yang tidak sedikit, yaitu sekitar 3%.  Selesaikan kewajiban kredit Anda sesuai dengan masa tenor yang dipilih. Jangan sampai menumpuk pembayaran dan bunga jika tidak ingin hidup dengan beban.

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar