Begini Cara membuat Iphone yang Lemot jadi Gesit Lagi

Iphone merupakan salah satu smartphone high end yang dianggap berkelas dan elegan. Salah satu alasan mengapa banyak orang yang memilih iPhone karena interfacenya sangat mulus dan lancar dibandingkan dengan smartphone berbasis Android yang rentan lemot dan eror. Namun seiring dengan pemakaiannya, iPhone tak ada bedanya dengan gadget lain.

IPhone

IPhone

Performanya kian menurun dan membuat iPhone terasa lebih lambat daripada sebelumnya. Apalagi jika perangkat meminta untuk mengupgrade sistem operasi iOs terbaru, kadang-kadang iOs baru menjadi penyabab iPhone generasi lama justru menjadi lemot. Untuk mengatasi iPhone lambat, ada beberapa trik yang perlu Anda lakukan agar iPhone gesit seperti dahulu kala. Berikut beberapa trik ampuh untuk mengatasi iPhone yang lemot.

Restart iPhone

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi iPhone yang lemot adalah dengan merestart. Jalan keluar tercepat dan termudah ini bisa dilakukan jika iPhone dirasa mulai lemot. Manfaat merestart iPhone adalah membersihkan aneka cache yang tidak terpakai. Cara untuk merestart dengan menahan tombol sleep atau wake. Kemudian slide switch di layar untuk mematikan iPhone. Setelah beberapa menit mati. Aktifkan iPhone kembali dengan menekan tombol power iPhone.

Nonaktifkan Efek Visual

Efek visual memang bisa membuat iPhone milik Anda terlihat lebih menarik dan keren. Sayangnya efek ini bisa membebani hardware. Untuk mematikan fitur hal yang perlu Anda lakukan adalah membuka menu setting, general, accesibility, dan increase contrast. Kemudian ubahlah menu Reduce Transparancy ke mode on.

Aplikasi yang Tidak Terpakai Hapus

Sortir aplikasi yang dibutuhkan dan tidak terpakai pada Iphone Anda. Bila dirasa tidak digunakan dan tidak dibutuhkan sebaiknya uninstall aplikasi. Sebab banyak aplikasi dapat menyebabkan iPhone Anda terasa lambat. Aplikasi yang jarang digunakan justru memenuhi memori dan membeni sistem iPhone. Jika dibutuhkan, Anda bisa menginstallnya kembali. Jadi pastikan aplikasi pada iPhone sudah sesuai dengan kebutuhan.

Nonaktifkan Fitur Siri

Siri merupakan fitur yang diberikan Apple untuk memudahkan pengguna iPhone. Siri dapat disebut sebagai asisten pribadi dalam iOs. Siri bisa memberikan saran atau membuka aplikasi yang Anda perlukan cukup dengan berbicara. Sayangnya fitur ini justru menjadi penyebab iPhone menjadi lambat. Jika merasa tidak membutuhkan Siri sebaiknya nonaktifkan dengan cara membuka menu setting, pilih general, dan siri.

Background App dimatikan

Beberapa aplikasi pada iPhone tetap berjalan meskipun tidak digunakan. Seperti sinkonisasi data, memperbaharui konten tanpa Anda sadari. Namun ternyata hal ini dapat memperlambat kinerja iPhone dan sangat menguras daya baterai. Pastikan background app iPhone Anda nonaktif dengan cara membuka menu setting, pilih general, kemudian pilih background app refresh dan non aktifkan aplikasi yang tidak perlu stay.

Hapus atau Backup File Lama

Mengapus file lama juga bisa membuat perfoma iPhone kembali seperti semua. Bersihkan file tersebut atau backup terlebih dahulu. Foto atau video yang dihapus atau dibackup dari iPhone akan mengurangi cached sehingga memperlancar sistem iPhone. Jika ingin menghapus atau mambackup file lama masuk ke menu setting, pilih general, lalu pilihlah stroage & iCloud Usage dan Manage Storage. Tenang file yang dihapus tidak akan hilang, jika dibutuhkan Anda bisa memasangnya kembali.

Bersihkan Browsing History

Membersihkan browsing history di Safari iPhone bisa membuat kinerja ponsel Anda kembali pulih. Memberishkan data-data seperti pasword dan data lainnya di Safari mempercapat browser safari pada iPhone.  Cara untuk memberishkan browsing history pada iPhone cukup mudah, sebagai pengguna iPhone Anda cukup masuk ke menu setting, pilih safari, dan clear history and website data.

Kedelapan cara ini bisa membuat performa iPhone Anda kembali seperti semula. Tak perlu lagi kesal iPhone lemot alias lambat.

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar