Pertama Kali Naik Pesawat? Tak Perlu Khawatir Ikuti Tips Berikut Ini!

Pertama Kali Naik Pesawat? Tak Perlu Khawatir Ikuti Tips Berikut Ini! Pesawat terbang kini bukan lagi alat transportasi mewah, semua kalangan sudah dapat dengan mudah naik pesawat. Dengan hadirnya situs pembelian tiket pesawat online juga ikut menjadi sebuah alasan besar untuk kemudahan naik pesawat. Namun tentu beberapa ada beberapa diantara kamu yang belum memiliki pengalaman naik pesawat terbang. Untuk yang pertama kali naik pesawat tentu merasa khawatir dan grogi, padahal pada dasarnya naik pesawat itu mudah sekali. Tidak percaya? Simak panduannya dibawah ini:

naik pesawat

naik pesawat

Beli Tiket Secara Online

Sebelum berangkat ke tujuan kamu haruslah mempunyai tiket pesawat terlebih dahulu, bagaimana mau ikutan terbang kalau tidak punya tiket bukan? Belilah tiket pesawat terlebih dahulu, cari tahu harga tiket yang sesuai dengan budget kamu. Umumnya maskapai low fare seperti Air Asia memberikan tawaran harga yang lebih murah. Untuk lebih jelasnya periksa harga tiket air asia di Reservasi.com, salah satu situs pembelian tiket pesawat online yang memberikan kemudahan dalam pemesanan hingga pembayaran.

Tidak Membawa Barang yang Dilarang Pihak Maskapai

Terdapat jenis barang yang tidak boleh kamu bawa naik pesawat, seperti benda tajam, senjata api, barang berbentuk cairan dan banyak lainnya lagi.

Untuk itu jangan membawa barang-barang tersebut, karena dapat menimbulkan masalah untuk kamu sendiri nantinya.

Datang Ke Bandara Lebih Awal

Sebaiknya tiba di bandara 2 jam lebih awal, apalagi jika ada barang yang harus kamu simpan di bagasi. Proses check-in bisa memakan waktu yang lama, tergantung seberapa panjang antrian yang menunggu. Tidak ada dispensasi telat bila naik pesawat, kalau telat maka tiket air asia dari Reservasi.com akan hangus tidak dapat ditukar, sangat disayangkan bukan? Maka dari itu kemanapun kamu berangkat, bila menggunakan pesawat budayakan datang lebih awal.

Bungkus Koper

Beberapa bandara menyediakan mesin khusus untuk membalut koper, agar barang bawaan kamu aman serta koper tidak rusak maka sebaiknya balutlah koper kamu sebelum proses check in.

Proses Check in

Untuk yang pertama kali naik pesawat pasti merasa khawatir bila tiba waktu check in. Tidak ada yang menakutkan dari proses ini. Kamu hanya perlu medatangi loket sesuai dengan maskapai yang akan kamu naiki, dan tujuan. Bila kamu berangkat ke luar negeri maka antri di deretan penerbangan luar negeri, bila penerbangan dalam negri pilihlah pada barisan domestik.

Biasakan untuk membaca petunjuk yang teman-teman.

Pada saat check ini kamu menyerahkan koper yang akan disimpan ke bagasi dan barang yang akan dinaikkan ke cabin pesawat untuk ditimbang, jangan lupa tunjukkan e-ticket kamu tentunya beserta dengan tanda pengenal seperti KTP. Setelah check in kamu akan diberikan boarding pass yang berisi informasi di terminal berapa kamu menunggu.

Menuju Ruang Tunggu

Setelah check in selesai dan boarding pass sudah ditangan, maka langsung saja untuk menuju ruang tunggu. Tunjukkan boarding pass tersebt kepada petugas pemeriksa, lewati tahap pemeriksaan dan segera menuju terminal. Pantau jadwal keberangkatan kamu lewat layar monitor yang ada di ruang tunggu, jika masih lama maka kamu dapat sejenak beristirahat atau melihat-lihat keadaan sekitar.

Pasang Sabuk Pengaman

Pada saat tiba waktunya untuk berangkat, antrilah dengan tertib saat memasuki ruang pesawat. Tujukkan kembali boarding pass kamu kepada pramugari. Duduklah di kursi yang sesuai dengan yang tertera di boarding pass. Jika kamu tidak tahu lokasinya, tanyakan kepada pramugari.

Simak Panduan dari Pramugari

Sebelum keberangkatan pihak maskapai akan menjelaskan sejumlah aturan seperti pemasangan sabuk, masker, pelampung dan cara evakuasi diri bila dalam bahaya.

Perhatikan panduan yang diperagakan oleh pramugari tersebut.

Gunakan Sabuk Pengamanan

Jangan lupa untuk menggunakan sabuk pengaman, bila tanda sabuk masih aktif maka jangan dibuka. Bukalah sabuk pengaman bila tanda sabuk sudah tidak menyala atau tidak aktif.

Matikan Handphone

Jangan lupa untuk mematikan handphone kamu, agar tidak menimbulkan gangguan selama dalam penerbangan.

Jangan Berdiri Sampai Pesawat Berhenti

Pada Saat Landing, sebaiknya kamu tetap dalam posisi duduk. Jangan sesekali berdiri dan ingat untuk memasang sabuk pengaman agar tidak terhuyung.

Ambil Barang Bawaan

Jangan lupa mengambil seluruh barang bawaan yang kamu bawa naik ke kabin, jangan meninggalkan apapun di pesawat.

Turunlah dengan tertib tidak perlu terburu-buru.

Mengambil Koper

Setelah turun silahkan menuju tempat pengambilan barang, ambillah barang kamu dengan hati-hati jangan sampai tertukar.

Nah itulah sejumlah tips yang dapat diikuti untuk kamu yang pertama kali naik pesawat. Tidak repot bukan? Maka dari itu kamu tidak perlu khawatir. Silahkan rencanakan jadwal penerbangan kamu, lihat sejumlah penawaran menarik di situs pembelian tiket pesawat online, dan nikmatilah liburan naik pesawat kamu bersama pasangan atau rekan.

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar