Pemain Bola Indonesia Legendaris, Sudah Kenal Mereka Belum?

Pemain Bola Indonesia Legendaris, Sudah Kenal Mereka Belum? Dari sekitar 270 juta rakyat Indonesia, dan sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat sedunia seharusnya tidaklah akan perlu kesulitan untuk bisa menemukan 11 saja orang menjadi pemain terbaik tim nasional sepakbola Indonesia.

Namun, dalam kenyataannya hal tersebut memang sulit, dan prestasi sepakbola Indonesia masih saja memprihatinkan hingga kini. Gelar prestasi kejuaraan terakhir yang diraih timnas sepak bola Indonesia adalah pada ajang AFF U-19 tahun 2013, di mana ketika itu Indonesia menjadi tuan rumah. Sebelumnya, prestasi Timnas Indonesia adalah mendapat medali emas di ajang SEA Games tahun 1991. 

Jarang dan minimnya prestasi serta gelar juara yang bisa diraih oleh timnas sepak bola Indonesia itu mungkin bukan karena Indonesia ini kekurangan stok pemain terbaiknya, tapi bisa jadi sumber masalahnya adalah pada manajemen olahraga sepak bola di Indonesia yang masih buruk dan belum tertata baik ataupun sebab lainnya, karena sebenarnya Indonesia ini memiliki banyak pemain-pemain yang hebat di sepanjang masa dan menjadi legenda bahkan. Berikut ini adalah beberapa pemain bola Indonesia yang melegenda.

Ronny Pasla

Meski pada awalnya ia menekuni karir olahraganya dari cabang  tenis, namun Ronny akhirnya dikenal sebagai salah satu kiper yang terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Postur tubuhnya yang besar menjadikan pemain bola Indonesia satu ini sulit untuk bisa ditembus dan dibobol gawang yang dijaganya oleh pemain manapun yang ada pada masa itu.

Salah satu momen yang bersejarah dari sepanjang karirnya ialah ketika dia berhasil untuk menahan eksekusi penalti dari pemain terkenal Pele. Peristiwa itu terjadi pada saat timnas berhadapan melawan Brasil di tahun 1972.

Robby Darwis

Pemain bola Indonesia Robby Darwis, dengan postur tubuhnya yang kekar dan juga kepiawaian dalam melakukan duel udara telah membuat Robby jadi andalan timnas dan juga klub Persib Bandung di sepanjang karirnya.

Dia juga sekaligus menjadi salah satu pemain legenda yang terbaik dari Persib Kemampuan Robby dalam bermain bola terutama dalam menjaga pertahanan tim telah turut membantu kemenangan timnas Indonesia meraih medali emas di ajang SEA Games tahun 1987 dan juga tahun 1991. Di klub asalnya di Persib, Robby juga telah turut menyumbangkan gelar perserikatan di tahun 1986, dan tahun 1989 serta tahun 1993 dan juga di Liga Indonesia 1994/95.

Simson Rumah Pasal

Posisi bek kanan dari timnas Indonesia ini di sekitar tahun 1970 hingga sekitar tahun 1980 identik dengan nama Simson. Kemampuannya untuk menahan serangan lawan telah menjadikan posisinya pada timnas menjadi tak tergantikan. Simson sebagai bagian dari skuad timnas juga di ajang kejuaraan Merdeka Games, dan Pra Olimpiade, serta King’s Cup, juga SEA Games dan juga di ajang Pra Piala Dunia.

Aji Santoso

Lalu ada juga Aji Santoso. Bahkan hingga kini belum ada pemain posisi bek kiri timnas yang dapat melebihi kemampuan dari Aji Santoso itu. Kemampuannya dalam melakukan dribble dan juga dalam memberikan umpan telah menjadi ciri dan kelebihan Aji yang lantas menjadikannya sebagai bek kiri yang terbaik dari timnas. Selain itu jiwa kepemimpinan dari seorang Aji juga cukup disegani dan melegenda.

Ia telah menyandang status sebagai kapten pada hampir setiap grup tim sepakbola yang diperkuatnya. Aji juga pernah menjadi bagian dari skuad timnas Indonesia ketika berhasil meraih medali emas di ajang SEA Games di tahun 1991, waktu itu ia telah menjadi pemain inti timnas pada usianya yang baru menginjak umur yang ke 21 tahun waktu itu.

Bima Sakti

Kemudian ada Bima Sakti, seorang pemain bola Indonesia yang jarang disoroti oleh media, salah satu anggota tim Primavera PSSI yang dikirim bertandang main ke Italia di era tahun 1990 an. Tendangannya yang keras dan juga jiwa kepemimpinan menjadikannya cukup disegani. Ia juga pernah dikontrak oleh klub di Swedia, Helsingborg hingga selama satu musim.

Di tingkat nasional, Bima berhasil meraih gelar sebagai pemain terbaik di ajang Liga Indonesia musim 1999 hingga 2000 bersama PSM Makassar. Bima berhasil mencapai 56 caps dan juga telah mencetak 11 gol bersama dengan timnas.

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar