3 Komponen dalam Straight News yang Penting Dikuasai Penulis Pemula

Menulis straight news memang merupakan pekerjaan yang berat. Pendapat ini bukan hanya dibenarkan oleh penulis pemula, bahkan wartawan atau jurnalis profesional juga kerap mengungkapkan hal yang sama. Oleh karena itu, untuk berita Lampung dan daerah lainnya yang diliput secara langsung, Anda perlu menguasai 3 komponen straight news berikut ini.

Straight News

Straight News

1. Membuat Judul Berita yang Menarik

Topik berita biasanya sudah berada di benak penulis, tergantung pada tempat yang ingin diliputnya. Nah, untuk judul ini, Anda perlu membuat ancang-ancangnya di awal, meski ada kemungkinan untuk mengalami sedikit revisi setelah tulisan atau semua bahan tulisan dikumpulkan. Buat judul yang clickable dan singkat untuk membuat pembaca tertarik.

Setelah judul, Anda juga perlu menguasai cara membuat intisari berita, yaitu kalimat topik dalam berita. Sederhananya, intisari ini mewakili isi berita secara keseluruhan dengan panjang idealnya adalah 3-4 kalimat.

2. Menentukan Lokasi Berita yang Tepat

Anda perlu membuat beberapa alternatif judul dan lokasi peliputan sehingga jika salah satunya mengalami kendala, ada plan B yang bisa Anda andalkan. Beberapa lokasi momentum adalah acara tabligh akbar bulanan seperti yang pernah disajikan dalam berita Lampung. Anda juga bisa meliput musyawarah nasional partai politik sampai pemilu.

Selain itu, pastikan untuk mencatat semua berita penting dalam book note. Anda tidak boleh hanya mengandalkan hasil rekaman dari aplikasi recorder dalam smartphone. Kombinasikan keduanya untuk mengumpulkan bahan tulisan. Hal ini berlaku pula untuk Anda saat melakukan wawancara maupun meliput langsung press conference-nya.

3, Menentukan Sudut Pandang dengan Tepat

Sudut pandang atau angle memiliki peranan penting dalam menulis berita. Jadi, bahasan Anda bisa lebih fokus dan tidak membahas bagian yang sangat tidak perlu untuk disajikan dalam straight news.

Setelah itu. Untuk menentukan angle yang tepat, caranya yaitu menyesuaikan dengan bahan yang Anda peroleh dari lokasi peliputan berita. Bisa berasal dari narasumber yang Anda wawancara atau pernyataan yang disampaikan melalui press conference.

Jika ketiga komponen tersebut sudah Anda kuasai, maka menulis straight news sama seperti menyajikan berita Lampung, Anda tidak akan merasakannya sebagai beban berat lagi. Apalagi jika Anda sudah menguasai modal dasarnya, yaitu metode penulisan 5 W dan 1 H, maka menulis straight news akan selancar menulis diary.

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar