Tips MEMILIH AC TERBAIK untuk Kamar Tidur

Penggunaan AC sudah menjadi kebutuhan utama yang berguna sebagai pendingin di kamar tidur. Alasannya karena cuaca yang kian hari kian panas terutama bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan. Bila anda berkeinginan untuk membeli AC yang akan dipasang di kamar tidur, pastikan untuk membaca tips-tips berikut supaya anda tidak merasa kecewa saat membeli AC yang tidak sesuai dengan harapan anda.

Berikut ini adalah tips memilih AC terbaik untuk kamar tidur anda.

  1. Memilih tipe AC split

Jenis AC split terdiri dari dua bagian, yaitu bagian indoor dan outdoor. Kedua bagian yang terdapat pada AC split ini akan menghasilkan suara saat mesin pendingin bekerja lebih lembut karena terletak terpisah. Sehingga tidur anda akan merasa nyaman sekaligus nyenyak.

  1. Menentukan besarnya PK

Saat anda akan memasang AC untuk kamar tidur menentukan besarnya PK sangat penting. Karena semakin luas ruangan yang akan dipasangi AC maka kapasitas PK pun semakin besar. Untuk menghitung besar PK yang dibutuhkan, maka anda bisa menggunakan rumus berikut.

panjang ruangan x lebar ruangan x 500

Dapat diambil contoh berikut. Jika ruangan kamar tidur anda memiliki ukuran panjang 3 dan lebar 4 meter, maka untuk menentukan besarnya PK AC adalah panjang x lebar x 500 yaitu 3 x 4 x 500 yang hasilnya 6000 Btu. Jika di ruangan itu ditempati oleh 2 orang, maka disarankan untuk menggunakan AC yang besarnya PK 0,75 yang kapasitasnya 7000 Btu. Mengapa demikian? Karena satu orang dihitung membutuhkan kapasitas 500 Btu. Jadi 6000 Btu + 2 x 500 Btu = 7000 Btu.

  1. Menentukan merk AC

Ketika akan memasang AC di kamar tidur, anda perlu untuk menentukan merk AC. Jangan hanya tergiur oleh harga murah. Anda dapat menemukan AC low watt murah terbaik untuk merk tertentu dengan konsumsi daya 340 watt, sedang untuk merk lainnya dengan kapasitas PK yang sama dengan daya 800 watt. Dari segi harga tentu akan memilih harga yang termurah. Namun, jika anda ingin mendapatkan keberuntungan, maka anda sebaiknya lebih memilih AC dengan kapasitas 1/2 PK dengan konsumsi daya 340 watt namun harganya lebih mahal.

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar