TIPS SCREENSHOT di WINDOWS dengan Mudah

TIPS SCREENSHOT di WINDOWS dengan Mudah dapat Anda lakukan. Panduan ini berlaku untuk semua versi Windows modern : 10, 7 dan 8.1. Beberapa metode yang dijelaskan dalam tutorial kami, hanya bekerja dalam satu atau dua dari sistem operasi ini. Jika demikian, kami akan mengulas beberapa tips bagaimana menagkap layar di windows dengan mudah.

Tips Screenshot di Windows

Tips Screenshot di Windows

Gunakan Print Screen atau tombol CTRL + PrtScn

Metode pertama dalam tips Screenshot di windows yang bekerja di semua versi pada keyboard, yaitu Anda tinggal menekan tombol Print Screen atau tombol CTRL + PrtScn. Windows membuat tangkapan layar dari keseluruhan dan menyimpannya ke clipboard. Ini tidak disimpan sebagai file pada hard drive Anda. Kemudian, buka program terbaru editing gambar Anda seperti Paint dan paste dari clipboard. Kemudian, Anda bisa menyimpannya sebagai file dan bahkan melakukan beberapa editing dasar.

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar dari keseluruhan layar dan menyimpannya sebagai file di hard drive, tanpa menggunakan alat lain, tekan Windows + PrtScn di keyboard Anda. Windows menyimpan tangkapan layar di perpustakaan pictures, di folder screenshots. File tersebut diberi nama “Screeenshot (number) .png,” dimana jumlahnya akan bervariasi berdasarkan jumlah tangkapan layar yang Anda ambil. Di windows 10, Anda juga dapat menemukan screenshot jika menggunakan aplikasi Foto, dengan membuka “Folder -> Gambar -> Tangkapan Layar.”

Gunakan Alt + PrtScn

Di Windows, Anda juga bisa mengambil screenshot dari jendela yang aktif. Buka jendela yang ingin Anda ambil dan tekan Alt + PrtScn di keyboard. Tangkapan layar akan disimpan ke clipboard. Buka Paint atau perangkat lunak pengeditan foto lainnya dan tempelkan gambarnya sehingga Anda dapat mengeditnya dan menyimpannya ke komputer atau perangkat Windows Anda.

Jika Anda memiliki laptop, tablet atau keyboard dengan tombol Fn, lakukan ini dan bukan tiga metode pertama:

Tiga metode pertama harus bekerja dengan baik pada komputer desktop dengan Windows atau perangkat Windows dengan keyboard standar. Namun, jika Anda memiliki laptop atau perangkat convertible dengan tombol Fn, maka tombol PrtScn akan melakukan hal lain juga, tidak hanya mengambil screenshot. Karena itu, saat Anda menekan tombol PrtScn, tidak akan ada tangkapan layar. Sebagai gantinya, gunakan salah satu cara pintas keyboard berikut:

  1. Fn + PrtScn. Membuat tangkapan layar dari keseluruhan layar dan menyalinnya ke clipboard. Ini setara dengan menekan tombol PrtScn standar.
  2. Fn + windows + PrtScn. Mengambil screenshot dari keseluruhan layar dan menyimpannya sebagai file pada hard drive, tanpa menggunakan alat lainnya. Windows menyimpan tangkapan layar di perpustakaan pictures, di folder screenshots. Ini sama seperti menekan windows + PrtScn pada keyboard standar.
  3. Fn + Alt + PrtScn. Mengambil screenshot dari jendela yang aktif. Ini setara dengan menekan Alt + PrtScn pada keyboard standar.

Gunakan windows + Shift + S

Jika Anda menggunakan windows 10. Tekan windows + Shift + S untuk menangkap wilayah layar Anda dan menyalinnya ke clipboard. Setelah Anda menekan windows + Shift + S, layar akan redup, dan kursor ditunjukkan. Anda dapat menggunakan gambar di layar area yang ingin diambil dalam tangkapan layar. Gambarlah area yang ingin Anda ambil dan lepaskan kursor mouse.

Tangkapan layar akan disimpan ke clipboard. Buka Paint atau aplikasi pengeditan foto lainnya dan tempelkan tangkapan layarnya sehingga Anda dapat mengeditnya dan menyimpannya. Fitur ini awalnya merupakan bagian dari OneNote. Namun telah ditambahkan ke windows 10 itu sendiri, yang hebat.

Gunakan alat potongan

Alat potongan adalah aplikasi desktop yang bagus untuk mengambil tangkapan layar. Ini bisa membuat semua jenis screenshot, dan Anda juga bisa menggunakannya untuk melakukan pengeditan ringan. Cari kata “snipping tool” di kotak pencarian Start Menu (jika Anda menggunakan Windows 10 atau 7). Pada layar start (jika Anda menggunakan Windows 8.1) dan klik atau ketuk pada hasil pencarian yang sesuai.

Ambil tangkapan layar pada tablet atau windows lainnya

Jika Anda memiliki tablet windows, seperti Microsoft Surface atau ASUS Vivotab atau Dell Venue. Anda tidak akan memiliki keyboard dengan kunci PrtScn yang tersedia. Ya, Anda dapat menggunakan alat potongan, tapi itu tidak hebat pada perangkat yang disentuh. Solusi terbaik adalah menggunakan tombol perangkat keras yang tersedia di tablet Anda. Pada sebagian besar (jika tidak semua) tablet windows. Anda dapat mengambil screenshot layar penuh dengan menekan logo windows dan tombol volume turun pada saat bersamaan.

Anda akan melihat layar semakin gelap saat melakukan ini. Ini menandakan bahwa screenshot telah dibuat. Anda akan menemukan tangkapan layar di perpustakaan foto Anda, di folder screenshots.

Bagaimana Tips Screenshot di Windows 10 ?

Gunakan windows + Alt + PrtScn

Pada pembaruan pembuat windows 10. Microsoft telah memperkenalkan fitur baru untuk para gamer. Termasuk bar game baru yang bisa digunakan saat bermain permainan dari segala jenis.

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan dengan game bar ini adalah mengambil screenshot dari jendela game yang aktif. Saat bermain game, tekan tombol Windows + Alt + PrtScn, dan tangkapan layar dibuat dan disimpan secara otomatis di komputer atau perangkat Windows 10 Anda. Tangkapan layar disimpan di perpustakaan Video Anda, di folder Captures. Nama filenya akan mencakup nama permainan yang sedang Anda mainkan dan tanggal dan waktu saat tangkapan layar dibuat. Semoga dengan adanya artikel tips screenshot di windows ini, dapat membantu Anda dalam mengambil tangkapan layar. Sehingga Anda tidak kesusahan lagi.

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar