Tips Untuk Merawat Buku Anda

Tips Untuk Merawat Buku Anda. Untuk melindungi benda-benda dan bahan arsip mereka, Coba baca Komik Hentai Terbaru. Perpustakaan dan museum mengikuti praktik profesional untuk mempromosikan pelestarian jangka panjang. Rumah, gereja, Ruang Baca, atau tempat kerja Anda mungkin tidak memenuhi standar perpustakaan dan museum yang agak ketat.


Merawat Buku Anda.

Informasi ini akan membarikan Tips Merawat Buku Anda. berikut, diadaptasi dari standar profesional, masih akan membantu Anda merawat buku-buku Anda.

Lingkungan Hidup

Batasi paparan cahaya sebanyak mungkin. Sumber cahaya alami dan buatan manusia merusak kertas dan binding, menyebabkan fading dan kerutan pada kertas, kain, dan kulit. Jauhkan buku Anda dari sinar matahari langsung dan sedapat mungkin matikan lampu di kamar tempat Anda menyimpan buku Anda.

Atur suhu di tempat penyimpanan buku Anda. Perpustakaan dan museum mengikuti aturan umum untuk menjaga suhu sekitar 66-68 ° F, yang merupakan aturan praktis yang baik. Menjaga suhu stabil, tanpa lebar, fluktuasi cepat sama pentingnya.

Mengatur kelembaban juga penting. Di rumah atau institusi Anda mungkin tidak mungkin untuk mengatur kelembaban relatif. Tetapi menjaga kelembaban membuat perbedaan besar. Jika terlalu tinggi, ini dapat mendorong pertumbuhan jamur di atas 72 ° F. Jika terlalu rendah, ini dapat menyebabkan kertas dan binding menjadi kering dan hancur. Aturan umumnya adalah menjaga tingkat kelembaban 45-55%. Termometer-hygrometer atau hygrothermograph akan memantau kondisi di rumah atau lembaga Anda. Banyak model tersedia di web.

Kebersihan

Tangani buku dengan tangan yang bersih dan benar-benar kering. Minyak dan tanah lain di tangan Anda dapat menodai dan merusak ikatan dan halaman buku.

Sebagus meringkuk dengan secangkir coklat dan buku yang bagus, cobalah untuk tidak makan atau minum di sekitar buku Anda. Tumpahan makanan dan minuman dapat menodai dan merusaknya dan menarik serangga dan hama lainnya untuk mencari camilan.

Bagaimana Merawat dengan benar ?

Pastikan untuk membersihkan buku-buku Anda dengan hati-hati dari waktu ke waktu. Tapi ingat jangan menggunakan kain yang sama di buku yang Anda gunakan di rak sendiri. Sikat yang sangat lembut juga dapat digunakan untuk menghilangkan debu dari buku yang rapuh.

Periksa buku-buku Anda sebelum membersihkan debu untuk mengamati apakah ada pengikatan, sobekan, atau runtuh binding dan halaman, karena ini mungkin pecah saat debu. Cara Membaca Komik Hentai

Jangan menggunakan air, pelarut, atau pembalut kulit pada binding buku Anda, bahkan jika Anda merasa kotor atau kering. Jika buku-buku Anda membutuhkan lebih dari sekadar pembersihan debu, konsultasikan dengan profesional untuk mendapatkan saran atau bantuan.

Penanganan

Jaga agar buku tetap tegak di rak buku — lurus dan tidak bersandar. Gunakan bookends jika perlu. Volume berat atau besar dapat disimpan dengan aman di flat. Bagaimanapun, jangan terlalu banyak rak.

Singkirkan buku-buku dari rak dengan menggenggam tulang belakang di dekat tengah. Jangan “kaitkan” tulang belakang bagian atas dengan jari Anda, karena hal ini menyebabkan stres, dan sering merusak, ke tulang belakang.

Jangan halaman dog-ear, menggunakan penjepit kertas, atau tempat penanda kertas di halaman. Semua praktik ini dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Sebagai gantinya, gunakan bookmark untuk sementara waktu menahan tempat Anda. Setelah selesai membaca buku, hapus bookmark.

Baca Juga : https://41711010004.blog.mercubuana.ac.id/ide-bisnis-online-yang-bisa-anda-kembangkan/

Tampilan

Mendukung sampul buku saat buku dibuka, untuk mengurangi tekanan pada penjilidan dan tulang belakang. Balik halaman sekali sebulan, sehingga tidak ada halaman yang terpapar cahaya untuk jangka waktu yang lama. Jika memungkinkan, tampilkan buku Anda dalam etalase tertutup. Ini akan menciptakan iklim mikro untuk Merawat Buku Anda. dan menjaganya agar tidak tersentuh dan menumpuk debu dan kotoran.

Comments are closed.

css.php
Skip to toolbar